Burn The Witch by Radiohead

Penggemar Radiohead akhirnya dapat menikmati karya terbaru dari idola mereka. Pada 8 Mei 2016, Radiohead merilis album digital yang diberi judul A Moon Shaped Pool. Bebarapa hari sebelumnya, tepatnya 3 Mei 2016 mereka lebih dulu merilis single pertama dalam album ini, Burn The Witch bersamaan dengan video musiknya. Bagi yang belum lihat video klip Burn The Witch, kalian bisa tonton di youtube. Lalu apa makna lagu Burn The Witch, yuk kita simak terjemahan lirik lagu Burn The Witch - Radiohead berikut ini:

Stay in the shadows
Tetaplah berada dalam bayang-bayang
Cheer at the gallows
Bersorak pada tiang gantungan
This is a round up
Inilah penangkapan

This is a low flying panic attack
Inilah serangan penerbangan rendah untuk kepanikan
Sing a song on the jukebox that goes
Nyanyikan lagu yang keluar dari kotak musik

Burn the witch
Bakar si penyihir
Burn the witch
Bakar si penyihir
We know where you live
Kami tahu dimana kamu tinggal

Red crosses on wooden doors
Tanda silang merah di pintu-pintu kayu
And if you float you burn
Dan jika kamu mengapung, kamu dibakar
Loose talk around tables
Pembicaraan yang ceroboh di sekeliling meja
Abandon all reason
Abaikan semua alasan
Avoid all eye contact
Hindari kontak mata
Do not react
Janganlah bereaksi
Shoot the messengers
Tembaklah para pembawa pesan

This is a low flying panic attack
Inilah serangan penerbangan rendah untuk kepanikan
Sing the song of sixpence that goes
Nyanyikan lagu sixpence yang terdengar

Burn the witch
Bakar si penyihir
Burn the witch
Bakar si penyihir
We know where you live
Kami tahu dimana kamu tinggal
We know where you live
Kami tahu dimana kamu tinggal

By Thom Yorke, Phil Selway,   Ed O'Brien, 
Jonny Greenwood,  Collin GreeenWood


Makna Lagu Burn The Witch | Radiohead

Lirik lagu ini mengajak kita kembali ke jaman pertengahan Eropa abad ke-17. Pada saat itu, terjadi perburuan terhadap orang-orang yang dicurigai penyihir. Kepanikan ada di mana-mana. Setiap orang saling mencurigai satu sama lain. Pintu kayu yang diberi tanda silang dengan cat merah atau hitam menandakan bahwa penghuni rumah tersebut menderita wabah, warga yang lain supaya waspada. Dan orang-orang yang dicurigai sebagai penyihir akan dibakar. Pertama, terduga penyihir akan dibenamkan di sungai, jika ia tenggelam maka ia tidak bersalah, namun naasnya terkadang malah mati karena tak bisa berenang. Jika ia terapung, maka ia menjadi tersangka penyihir dan selanjutnya dibakar hidup-hidup. Seringkali isu-isu penyihir ini tidaklah benar dan tak lain hanyalah sebuah bentuk pelampiasan massa terhadap kondisi buruk yang mereka alami, seperti wabah penyakit dan gagal panen. Singkatnya penyihir hanyalah kambing hitam.

Radiohead secara jenius membuat kiasan kondisi jaman pertengahan untuk menggambarkan kondisi masyarakat modern sekarang ini. Media dan sosial media sangat mudah membentuk opini masyarakat untuk menyudutkan seseorang ataupun suatu golongan. Kepanikan massa akibat isu global, contohnya krisis pengungsi Syria menjadikan Muslim sebagai kambing hitam atas situasi buruk tersebut. Dalam hal ini muslimlah yang menjadi tersangka (penyihir).

Sebagai informasi tambahan, video klip stop-motion Burn The Witch dikerjakan oleh Chris Hopewell yang juga mengerjakan video klip lagu There There. Salah seorang animator yang bekerja untuknya, bernama Virpi Kettu dalam sebuah wawancara dengan majalah Billboard menyampaikan bahwa lagu Burn The Witch bercerita tentang krisis pengungsi Syiria di Eropa, tentang menyalahkan orang lain, menyalahkan golongan Muslim dan hal-hal negatif lainnya. Setidaknya itulah yang ia pahami mengenai apa yang ingin disampaikan Radiohed melalui video klip tersebut.

Lagu-lagu Radiohead kita kenal penuh dengan bahasa kiasan. Sehingga seringkali banyak interpretasi dan kemungkinan nilai moral yang muncul dari sebuah lagu mereka. Kembali lagi hanyalah Radiohead yang mengetahui secara pasti makna dari lagu-lagu mereka.

Demikianlah terjemahan lirik dan makna lagu Burn The Witch by Radiohead menurut translyric. Bagaimana dengan interpretasi kalian?

1 pendapat:

bener, gua pernah baca artikel, katanya lagu burn the witch ini terinspirasi oleh islamophobia..

Reply

Post a Comment